Thursday 19 February 2015

Nothing serious.. Really..

Sore.. Ku lihat langit dengan segala lembayungnya.. Menerawang jauh pada mimpi.. yaah.. mimpiku sebagai seorang geologist + biologist.. Kenapa? tentu proses menjadi mimpi ini tak pendek pun tak sederhana.. Dulunya aku bermimpi berkarya untuk sebuah perusahaan Technopreneur.. Google, apple dan sebagainya.. membuat teknologi canggih untuk memudahkan manusia.. Indah.. memang.. Tapi sepertinya mimpi itu, mimpi bayang bayang kakakku.. (Lain kali akan ku ceritakan tentangnya)

Tibalah renungan dimulai.. Apa yang ingin ku lakukan? sungguh tak pernah puas batin.. Sampai ketika aku baca karya maestro calon nobelist sastra kita Alm. Pramoedya Ananta Toer.. Dengan tetralogi pulau buru "Bumi Manusia" .. Buku hasil pinjam pun ku baca sampai habis.. Bukan main ini karya .. Sungguh menggugah wawasan.. Betapa tingginya sang ilmu dalam novelnya.. Akupun ingin berilmu.. aku pun ingin menggugah wawasan manusia.. Aku pun ingin membangkitkan semangat bangsa ini.. Negeri ini yang terlanjur dipenuhi para bedebah.. Namun dipenuhI diaspora berbakat penuh talenta...



Bang Pram dengan gaya sastra lamanya t'lah membangkitkan jiwa menulisku.. berkarya.. Dengan pedoman yang ku pegang "Manusia mati meninggalkan ilmu, ideologi, karya.. dan tulisannya" Berkarya lah aku.. Menulis puisi salah satu aktivitas sehari-hariku .. Apa hubungannya dengan geologi? biologi? Bapakku pernah berpesan "tak mau bapak melihat anak anak bapak bertengkar masalah harta.. Harta memang bukan segalanya.. Tapi harta itu senjata untuk mendukung tujuan kita.." Ya.. You know geologist? Mereka biasa bekerja untuk perusahaan tambang multinasional, bekerja di bidang eksplorasi.. Tentu dengan upah yang besar.. Aku melihat suatu yang ingin ku dapatkan disana.. Bukan harta yang kucari.. Ilmu.. Kebebasan.. Serta waktu untuk menulis.. Tentu pekerjaan tak akan ku lalaikan.. Aku berpegang pada agama Islam.. Tak pernah Islam mengajarkan untuk melalaikan pekerjaan.. Tapi ia menuntut kita untuk terus menuntut ilmu.. Ilmu dunia.. pun akhirat..

Hubungannya dengan biologi? Suatu tambahan.. Tambahan ilmu.. mungkin saat sedang eksplorasi aku beristirahat dengan membaca buku buku biologi tentang alam yang sedang ku eksplor itu.. Yah untuk nanti diumur lanjut biar ku tetap berkarya ... Aku bisa mengajar atau menulis buku..


Begitulah.. ceritanya.. Bukan harta yang ku cari.. Ilmu.. Kebebasan.. Serta waktu untuk menulis.. Menulis untuk bangsa .. Menulis untuk agama.. Menulis untuk pribadi...

Ku rasa seluruh manusia takkan pernah puas dalam mendapatkan sesuatu.. Ya.. begitulah kadrat-Nya.. Tapi berilah, luruskanlah, arahkan ketidakpuasan itu pada hal yang benar .. yang baik.. yang bermanfaat.. Ilmu.. juga berkarya.. Terus berkarya demi manusia.. Demi agama..

Sekian untuk hari ini~! tetaplah semangat .. Ladang yang luas menunggu di depan sana..

Letter G

No comments:

Post a Comment